Jumat, 09 Maret 2018

FOOD TERMINOLOGY #3

1. Pate
Adalah hidangan pembuka dingin yangterbuat daridaging ayam, sapi, ikan hatiyangdicincang halus dan diberibumbu kemudiandicetak dengan cetakan empatpersegipanjangbahan (keramik, stanlessteel aluminium, sengdandibungkus denganadonan (pie) kemudiandimasukkan dalamcetakan dan dipanggangdidalamoven.)Didinginkan, diberilapisanaspic jelly, terakhir didinginkan dalamrefrigerator. Pate akan terlihat menarik jikadiberi warna dari wortel, bayam dan jamur,black olive. Pate dihidangkan dingin,dipotong-potong seberat 75-100 gr untuk per-orang.Namapate diambil dari bahan pokokyang dipergunakan contoh: chicken pate, game pate, veal, pate, fish pate, liver pate.




2. Chowder
Chowder Soup Merupakan sup yang dibuat dari ikan, kerangkerangan dan atau tanpa sayuran. Meskipun sup ini dibuat dengan berbagai cara biasanya berisi susu
dan kentang. Ciri khas sup ini adalah bergumpalgumpal dapat juga disebut dengan sup hearty.
Contoh : Fish Chowder.

3. Bolognaise
Sos Bolognese (Itali: ragu alla Bolognese, Perancis: sos bolognaise) adalah sos yang berasaskan daging untuk pasta berasal di Bologna, Itali. Ia digunakan secara tradisional untuk menghias ‘tagliatelle’ dan merupakan salah satu daripada kedua-dua sos yang digunakan untuk menyediakan “alla Bolognese lasagne”. Sos Bolognese kadang-kadang diambil untuk menjadi sos tomato, tetapi resipi banyak mempunyai hanya sejumlah kecil pekat tomato.
Sos bermula pada abad ke-5. Resipi tradisional, yang didaftarkan pada tahun 1982 oleh delegasi Bolognese Accademia Italiana della Cucina, batasan bahan-bahan untuk daging lembu (steak skirt), pancetta, bawang, lobak merah, saderi (batang), pes tomato, sup daging, wain merah kering (tidak menggelegak ), susu, garam dan lada secukup rasa. Walau bagaimanapun, perubahan yang menggunakan produk serantau yang lain wujud walaupun dalam tradisi Bolognese. Hati ayam boleh ditambah bersama-sama dengan daging lembu atau anak lembu untuk majlis-majlis khas, dan hari ini menggunakan banyak mentega dan minyak zaitun untuk memasak soffritto. Prosciutto, mortadella, atau cendawan porcini boleh ditambah ke ragu untuk terus memperkayakan sos. Menurut Naswip Hazan dalam “The Cookbook Classic Itali”, untuk memasak Bolognese yang lebih baik memerlukan 5 atau 6 jam untuk mereneh bukanlah perkara yang luar biasa.

4. Custard
Custard adalah bahan makanan yang terbuat dari campuran susu atau krim dankuning telur.

5. Brouche
Roti Brioche merupakan roti khas Prancis yang memiliki cita rasa yang sedikit berbeda dengan roti manis biasa. Di Brioche, Anda juga bisa menikmati cita rasa khas Crouqe doree (semacam pizza) dan paninni (roti panggang dengan bentuk yang lebih kecil).

6. Bika ambon
Bika ambon adalah sejenis penasal indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandanh, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan coklat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama sekitar empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras.
Menurut penjelasan M Muhar Omtatok, seorang budayawan dan sejarawan, kue bika ambon terilhami dari kue khas Melayu yaitu Bika atau Bingka. Selanjutnya dimodifikasi dengan bahan pengembang berupa nira/tuak enau hingga berongga dan berbeda dari kue Bika atau Bingka khas Melayu itu. Selanjutnya M Muhar Omtatok menyebutkan bahwa kue ini disebut bika ambon karena pertama sekali dijual dan popular di simpang Jl Ambon-Sei Kera Medan.

7. Kue Bolu
Bolu atau kue bolu (bahasa Inggris: cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalamoven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis).
Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpengsering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng.

8. Jalan kote
adalah penganan yang dibuat dari tepung terigu di dalamnya diisi dengan taoge dan mi. namun sekarang sudah berkembang dengan ke pintaran warga setempat sehingga ditambah dengan kentang atau wortel atau potongan telur rebus yang disajikan dengan lombok yang khas dari sulawesi selatan.
Jalangkotek ini berbentuk kue pastel di pulau jawa, namun sampai sekarang saya masih belum menemukan sejarah muasalnya jalangkote ini, bagaimana pembawaannya dan siapa yang pertama kali mengenalkan di kepulauan sulawesi ini.

9. Barongko
Kue Tradisional Khas Makassar yang tak kalah enak dengan kue-kue moderen yakni barongko. Rasa kue yang dibungkus daun pisang ini cukup unik, sedikit asam-asam pisang berpadu dengan rasa manis dan gurih. Teksturnya yang lembut dan berair sehingga kalau makan harus memakai sendok.
Kue barongko berwarna putih kecoklat-coklatan, berbentuk segitiga dan dikemas tradisional dengan daun pisang. Cara pembuatannya pun unik daun sebagai kemasan dari barongko itu sendiri dibentuk terlebih dahulu dengan pola segitiga tiga dimensi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Untuk membuat Barongko ini haruslah dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko.


10. Resoles
adalah nama makanan yang sudah tidak asing lagi di indonesia karena banyak dari masyarakat yang membuat makanan yang enak ini. Namun ternyata ada juga masyarakat yang awam atau tidak mengetahui nama makanan yang satu ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar