Sabtu, 11 Januari 2020

INGREDIENTS 2

1. Jeruk Nipis ( Lime )
          Jeruk nipis adalah jenis buah jeruk dengan nama lain lime, citrus, atau jeruk asam. Jeruk nipis berbentuk bulat, memiliki warna hijau, dan berkulit sedikit keriput. Jeruk nipis mudah ditemukan karena mudah tumbuh di daerah tropis. Jeruk nipis mempunyai rasa yang kecut dan asam namun beraroma harum dan segar. Jeruk nipis banyak digunakan untuk masakan, minuman, bahkan obat. Jeruk nipis merupakan tanaman obat keluarga atau TOGA yang bisa ditanam di kawasan perumahan bahkan menggunakan media polybag atau hidroponik. Jeruk nipis juga termasuk tanaman yang tahan dari hama, perubahan cuaca, dan penyakit sehingga merupakan komoditi pangan dan pertanian  yang cukup bagus dikembangkan.

          Jeruk nipis mengandung senyawa citrus, vitamin C, dan asam alfa hidroksi yang berfungsi tinggi untuk kesehatan. Vitamin C dalam jeruk nipis bagus untuk antioksidan, menjaga sistem imun tubuh, dan menyembuhkan panas dalam. Sedangkan senyawa asamnya bagus untum menjaga kesehatan kulit. Jeruk nipis juga berfungsi sebagai obat batuk.

          Jeruk nipis tentunya menjadi bahan untuk masakan dan olahan kuliner lainnya. Fungsi jeruk nipis antara lain menghilangkan bau amis pada ikan dan ayam. Selain itu, jeruk nipis juga menambah kesegaran olahan sambal. Tidak hanya itu saja, jeruk nipis juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman hangat dan minuman dingin.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Banyak sekali kita temui suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Anda, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.

2. Menyeimbangkan pH

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH merupakan hal penting karena merupakan faktor penentu apakah Anda sehat ataupun sakit. Ketika kandungan pH tidak seimbang maka Anda akan sakit. Jeruk nipis yang asam akan menyeimbangkan pH tubuh Anda.

3. Mencegah kanker

Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar.

4. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Jeruk nipis juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Membantu mengobati asam urat

Asam sitrat pada jeruk nipis merupakan faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat secara alami. Minumlah segelas jeruk nipis setiap pagi.

6. Menurunkan kolesterol

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai anti-oksidan kuat. Anti-oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.
Caranya :
  1. Belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya
  2. Tambahkan 1 gelas air hangat
  3. Minum di pagi hari saat baru bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
  4. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh anda segera berkurang.

7. Menyehatkan ginjal

Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Dengan meminum air perasan jeruk nipis setiap hari maka akan menyehatkan ginjal dan juga mencegah terjadi batu ginjal.

8. Menurunkan berat badan

Teh jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh
Caranya :
  1. Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh
  2. 1 buah jeruk nipis
  3. Segelas air panas
  4. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  5. Konsumsilah secara rutin

9. Menjaga berat badan ideal

Cara kerjanya sama dengan poin 2, yakni jeruk nipis dapat memperlancar metabolisme tubuh. Oleh karena itu, bagi Anda yang mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet agar berat badan terjaga, minumlah air perasan jeruk nipis setiap hari agar berat badan ideal Anda terjaga.

10. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Anti bakteri pada jeruk nipis akan membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.

2. Lemon
          Lemon atau jeruk lemon atau yang juga dikenal sebagai sitrun adalah salah satu jenis jeruk yang sering digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Lemon memiliki bentuk dan warna yang khas, yaitu kuning cerah warnanya dan bentuknya lonjong dengan ujung-ujungnya yang mengerucut. Bagian kulitnya empuk agak tebal, dan bulirnya berwarna bening kekuningan. 

          Lemon memiliki citarasa asam yang khas buah jeruk, tapi juga memiliki rasa manis. Sehingga rasanya asam manis segar dengan aroma yang kuat. Lemon memiliki karakteristik yang hampir sama dari segi rasanya dengan jeruk nipis. Keduanya juga bisa saling menggantikan, terlebih karena harga lemon juga cenderung lebih mahal. 

          Air jeruk lemon digunakan untuk bahan minuman, atau untuk memarinase daging. Sari lemon juga digunakan untuk memberikan rasa pada kue dan cake, serta salad. Bagian kulitnya juga bisa diparut untuk digunakan dalam pembuatan cake. 

          Lemon sangat kaya akan vitamin C, asam sitrat, kalsium, fosfor, dan magnesium. Lemon sangat baik dikonsumsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dalam organ pencernaan.
 kandungan gizi yang terdapat dalam buah ini. Kandungan gizi yang ada pada buah lemon secara lebih jelasnya disajikan dalam tabel berikut ini :
GiziJumlah / 100 gram
 Vitamin C27 mg
 Vitamin B10,04 mg
 Protein0,9 gram
 Lemak0,2 gram
 karbohidrat11,4 gram
 Mineral0,5 gram
 Kalsium33 mg
 Fosfor23 mg
 Zat besi0,4 mg
 Asam askorbat49 mg
 Energi51 kal
 Air86 gram

3. Jeruk Purut ( Kaffir Lime )
          Jeruk purut adalah salah satu jenis buah yang berbentuk bulat, tekstur kulitnya kasar dan bergelombang. Rasa asam dan aroma khas dari jeruk purut menjadikannya biasa dimanfaatkan sebagai bumbu untuk berbagai masakan, daun jeruk purut juga banyak dipakai karena aromanya yang juga harum.

          Jeruk purut berkhasiat untuk menyembuhkan flu, kulit kusam, kelelahan dan bisa juga untuk menghilangkan ketombe. Ini karena jeruk purut memiliki banyak kandungan gizi seperti zat tanin, saponin, steroid triterpenoid serta minyak asiri yang memiliki banyak sitrat di dalamnya.

KANDUNGAN:

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Buah jeruk purut mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai nutrisi lain yang menyehatkan. Buah jeruk purut bisa dimanfaatkan sebagai minuman sehat. Minuman ini nantinya berfungsi meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Buah jeruk purut bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan daerah mulut dan gigi. Caranya adalah dengan menjadikan buah jeruk purut sebagai minuman atau cukup dengan menggosokkan kulit buat jeruk purut ke gigi dan gusi.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan
Kandungan nutrisi, vitamin dan senyawa inflamasi pada buah jeruk purut bisa bermanfaat melancarkan sistem pencernaan. Konsumsi buah jeruk purut secara rutin bahkan bisa mencegah berbagai risiko masalah penyakit yang lebih serius di pencernaan.

4. Minuman Detox
Hampir sama dengan jeruk lemon, buah jeruk purut juga bermanfaat sebagai minuman detox. Tak hanya itu saja, buah ini juga bermanfaat melancarkan program diet yang sedang kita lakukan tanpa mengganggu kesehatan tubuh.

Itulah beberapa manfaat mengagumkan dari buah jeruk purut. Semoga informasi ini bermanfaat.


SUMBER:

https://id.wikipedia.org/wiki/Jeruk_nipis
https://www.merdeka.com/sehat/22-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan-wajah-dan-rambut-kln.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Lemon
https://www.honestdocs.id/kandungan-manfaat-jeruk-lemon-untuk-kesehatan-kecantikan
https://id.wikipedia.org/wiki/Jeruk_purut
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3812084/4-manfaat-mengagumkan-buah-jeruk-purut-buat-kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar